OPINI

PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI PADA PASANGAN USIA SUBUR

Pilihan metode kontrasepsi adalah keputusan yang kompleks. Penyedia layanan kesehatan memiliki peran penting dalam memberikan informasi dan mendukung pengambilan keputusan pasien tentang metode kontrasepsi melalui konseling kontrasepsi. Dalam topik ini, kami akan meninjau tujuan konseling kontrasepsi yang berkualitas, meninjau pendekatan yang berbeda untuk konseling ini dan hubungannya dengan kesetaraan kesehatan, dan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memberikan konseling berkualitas tinggi yang berpusat pada pasien. Informasi spesifik untuk setiap metode kontrasepsi disajikan secara rinci secara terpisah.

Konseling kontrasepsi telah berkembang dari konseling direktif tingkat dokter menuju metode yang paling efektif atau penyediaan pendidikan untuk konseling pribadi menggunakan pengambilan keputusan bersama. Pendekatan ini, yang dianggap ideal untuk keputusan sensitif preferensi yang sangat bergantung pada nilai dan kebutuhan individu, dirancang untuk membantu pasien dalam membuat keputusan terbaik untuk diri mereka sendiri. Dalam pengambilan keputusan bersama, pasien diakui sebagai ahli dalam preferensi mereka, sementara penyedia menyumbangkan pengetahuan medis mereka tentang berbagai pilihan dan cara mereka berhubungan dengan preferensi pasien. Dengan cara ini, otonomi pasien dan keragaman preferensi untuk karakteristik metode kontrasepsi dapat dihormati, sementara pada saat yang sama, pasien ditawarkan dukungan dalam menyelaraskan preferensi mereka dengan pilihan yang tersedia. Intervensi untuk mempromosikan pengambilan keputusan bersama telah dilaporkan untuk meningkatkan kemampuan pasien untuk membuat keputusan yang diinformasikan dan konsisten dengan nilai-nilai mereka dan untuk meningkatkan pengetahuan pasien. Penelitian di bidang kontrasepsi secara khusus telah menemukan bahwa wanita lebih puas dengan pengalaman konseling dan metode mereka ketika mereka mengalami pengambilan keputusan bersama

Sebuah penelitian yang telah dilakukan yang melihat pada beberpa factor kunci pada sebuah pemilihan metode kontrasepsi pada usia subur. Dalam telaah tersebut adanya hubungan yang signifikan pada social ekonomi, efek samping,keyakinan dan status wanita. Dari elemen tersebut memiliki sebuah keterkaitan pada pemilihan KB apa yang akan digunakan oleh mereka dalam keberlangsungan kedepannya.

Keluarga berencana sangat penting untuk mempromosikan kesejahteraan dan otonomi perempuan, keluarga mereka dan komunitas mereka. Kualitas perawatan dalam keluarga berencana sangat penting untuk memastikan kemajuan menuju mencapai standar kesehatan yang tinggi untuk semua. Sebagaimana didefinisikan dalam publikasi WHO, Memastikan hak asasi manusia dalam penyediaan informasi dan layanan kontrasepsi: bimbingan dan rekomendasi, elemen kualitas pelayanan dalam keluarga berencana meliputi: pilihan di antara berbagai macam metode kontrasepsi; informasi berbasis bukti tentang efektivitas, risiko, dan manfaat dari berbagai metode; secara teknis petugas kesehatan yang kompeten dan terlatih; hubungan penyedia-pengguna berdasarkan rasa hormat terhadap informasi pilihan, privasi dan kerahasiaan; dan konstelasi layanan yang sesuai yang tersedia di lokalitas yang sama. Dokumen ini berkontribusi untuk meningkatkan kualitas perawatan dalam keluarga berencana dengan: menyajikan panduan berbasis bukti tentang penyediaan metode kontrasepsi yang aman untuk kedua wanita dan laki-laki.

Penulis: Eko Budi Santoso, S.Kep., Ns., M.Kes